Tuesday 5 July 2016

Membuat Pola Polkadot di Photoshop

Pada umumnya kita sering melihat polkadot dengan dua warna seperti hitam dan putih. Nah, sekarang mari kita membuatnya lebih berwarna-warni. Dengan beberapa tone yang lembut dan sedikit aksen warna merah. Anda akan mempelajari penggunaan Grid, tool Ellipse, Free Transform dan menerapkan pola dengan Define Pattern.
Langkah 1: Dokumen Baru
Mulailah dengan membuat sebuah dokumen baru. Buka menu File > New atau dengan shortcut key (Ctrl + N) di bar Option. File berukuran width = 400 px dan height = 200 px. Resolution 72 dpi. Latar belakang pilih mode Transparent. Beri nama file: Pola Polkadot. Klik OK.

Langkah 2: Menyiapkan Grid
Kita butuh garis jaring-jaring untuk meletakkan lingkaran supaya hasil tersusun sama rata. Buka menu Edit > Preferences > Guides, Grid & Slices. Pada opsi Gridline every beri nilai 25 pixels.

Lalu aktifkan garis grid, beralih ke menu View > Show > Grid.

Langkah 3
Berilah warna putih pada layer background agar memudahkan Anda melihat garis grid. Klik di tengah kotak kecil untuk membuka color picker pilih warna putih. Atau arahkan cursor ke kotak yang di depan, tekan D lalu X untuk mengatur warna foreground menjadi warna putih.



Langkah 4: Bentuk Lingkaran
Pilih tool Regtangle (U) di Bar Tool dan klik kanan mouse Anda. Arahkan cursor panah ke tool Ellipse. Klik dan drag di dalam garis grid seperti gambar di bawah ini.

Langkah 5
Klik ganda pada layer thumbnail untuk membuka color picker.
Isi lingkaran dengan warna biru. Di kotak dialog color picker, gantilah dengan kode wana R= 187, G= 218, B= 217.

Langkah 6
Agar memudahkan pekerjaan Anda usahakan bentuk lingkaran dalam keadaan diperbesar (zoom in) atau tekan Z lalu (Ctrl +). Pastikan bentuk lingkaran berada di tengah-tengah. Hal ini diperlukan supaya tidak tumpang-tindih atau hasilnya akan bergeser. Kita bisa mengantisipasi dengan memilih menu Edit > Free Transform Path (Ctrl + T). Di Panel Property, aturlah nilai X= 50 pixel dan Y= 50 pixel. Setelah itu klik tombol centang.
Gambar di bawah ini diperbesar.


Langkah 7: Menduplikasi Lingkaran
Untuk menduplikasi layer ke menu Layer > Duplicate. Atau bisa juga di panel Layer, klik kanan mouse Anda pada layer yang baru dibuat. Pilih Duplicate Layer.
Kemudian kotak dialog Duplicate Layer muncul. Klik OK.

Langkah 8
Pilih Move Tool (V) di Bar Tool untuk memindahkan lingkaran yang berada di atas lingkaran pertama. Geserlah ke kanan seperti gambar di bawah. Beri warna merah muda, R= 250, G= 184, B= 194. Atur posisi lingkaran sesuai langkah 4.

Langkah 9
Ulangi langkah yang sama. Lakukan sampai Anda memperoleh empat buah lingkaran. Pada lingkaran ketiga isi dengan warna coklat muda R= 242, G= 231, B= 199 dan lingkaran keempat dengan warna merah R= 245, G= 115, B= 136.

Langkah 10
Selanjutnya tambahkan lingkaran di bawah namun dengan warna berselang-seling. Sambil tekan dan tahan tombol Shift, pilih semua layer lingkaran. Duplikasi keempat layer tersebut. Hasil layer tampak gambar berikut.

Langkah 11
Geserlah keempat lingkaran itu dengan tool Move (V) ke kiri lalu tekan ( Ctrl +) untuk ubah posisi menjadi X = 150 px dan Y = 150 px.

Langkah 12: Mengubah Warna
Klik ganda di layer thumbnail Shape 1 copy 4 lalu pilih tool Eyedropper (I) di bar Tool. Arahkanlah pinset ke warna merah muda pada lingkaran bagian atas untuk diterapkan di lingkaran biru bagian bawah. Ulangi proses sama pada ketiga lingkaran tersisa.

Langkah 13
Di sisi kanan persegi, duplikasi lagi lingkaran dan beri warna merah muda. Kita tempatkan di posisi X = 400 px dan Y =150 px sehingga tampak menjadi setengah lingkaran.

Langkah 14: Nonaktifkan Grid
Beralih menu View > Show > Grid (uncheck). Sembunyikan layer paling bawah dengan mengklik ikon mata layer background di panel layer.

Langkah 15: Membuat Pola dengan Defina Pattern
Selangkah lagi pola polkadot kita hampir jadi. Beralih ke menu Edit > Define Pattern. Di kotak dialog pattern, beri nama: Pola Polkadot. Klik OK. Pattern otomatis tersimpan.


Langkah 16: Menyimpan File .PSD
Selanjutnya simpan file Pola Polkadot. File > Save (Ctrl + S) sebagai file .PSD.

Langkah 17: Membuat Dokumen Baru
Selanjutnya siapkan dokumen baru dengan ukuran 600 pixel x 600 pixel untuk menerapkan latar belakang scrapbook digital. Kembali ke menu Edit > Fill (Shift + F5). Kotak dialog Fiil akan muncul. Pada Contents Use, pilih Pattern. Klik panah kecil di pilihan Custom Pattern untuk membuka pola yang barusan kita buat. Klik OK.

Simpan latar belakang, File > Save As (Shift + Ctrl + S). Beri nam file Polkadot dan format sebagai file .JPG.
Tadaaa… motif polkadot Anda sudah selesai.
Langkah 19: Mengubah Ukuran Image
Jika merasa terlihat besar, Anda bisa mengubah ukuran pola tersebut. Kembali ke file pola polkadot. Buka menu Image > Image Size (Alt + Ctrl + I). Ubahlah menjadi 200 pixels x 100 pixels. Lakukan seperti langkah 15.
Hasil Akhir
Inilah hasil pola setelah kita ubah menjadi lebih kecil.






No comments:

Post a Comment